Inilah Syarat Utama Jika Ingin Menjadi Agen Asuransi

Info Terkini

Ketentuan dan Cara Menjadi Agen Asuransi

Syarat Menjadi Agen Asuransi – Berbagai macam hal mengenai ketentuan agen asuransi telah diatur di dalam Pasal 27 PP No. 73 Tahun 1992 yang menyebutkan bahwa:

  • Setiap agen asuransi hanya dapat menjadi agen dari satu perusahaan asuransi saja.
  • Agen asuransi wajib memiliki perjanjian keagenan dengan perusahaan asuransi yang diageninya.
  • Semua tindakan agen asuransi yang berkaitan dengan transaksi asuransi menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi yang diageninya.
  • Agen asuransi dalam menjalankan kegiatannya harus memberikan keterangan yang benar dan jelas kepada calon tertanggung tentang program asuransi yang dipasarkan dan ketentuan isi polis, termasuk hak dan kewajiban calon tertanggung tersebut.

Beberapa poin mengenai peraturan di atas, dengan jelas mengatur kewenangan dan juga kewajiban agen asuransi. Hal ini menjadi sebuah bukti bahwa pemerintah menganggap masalah asuransi adalah sebuah hal yang penting dan menjadi kebutuhan umum dan perlu diatur berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Jika Anda berniat untuk menjadi seorang agen asuransi, maka ada baiknya Anda membekali diri dengan keinginan serta komitmen yang kuat, mengingat asuransi merupakan sebuah produk yang tidak mudah untuk dipasarkan. Anda harus benar-benar memiliki jiwa marketing dalam menjalankan tugas sebagai seorang agen asuransi, dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menjalani profesi tersebut.

Seorang agen yang baik tentu harus memiliki kepercayaan yang sangat tinggi pada produk yang sedang dipasarkannya, karena dengan begitu klien juga akan lebih mudah percaya pada produk tersebut. Kepercayaan dari klien inilah yang menjadi kunci utama dalam penjualan yang akan Anda lakukan, ketika seseorang telah percaya pada sebuah produk, maka akan lebih mudah baginya untuk melakukan action (tindakan) selanjutnya, yakni pembelian.

Memasarkan sebuah produk tidak selalu harus dilakukan dengan mengingat sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penjualan yang Anda lakukan, namun Anda perlu menikmati setiap proses yang terjadi di sana, sehingga semuanya terasa ringan dan Anda menikmati apa yang sedang Anda kerjakan. Hal ini juga berlaku pada saat Anda akan menjual sebuah produk asuransi, jadilah agen dan lakukan penjualan. Berikut ini adalah cara menjadi seorang agen asuransi.

syarat menjadi agen asuransi
sumber:qerja.com

Inilah Syarat Utama Jika Ingin Menjadi Agen Asuransi

1. Bergabung dengan Agensi Asuransi


Ketika Anda berniat untuk menjadi seorang agen asuransi, maka Anda tidak bisa mendatangi sebuah perusahaan asuransi dan melakukan pendaftaran di sana. Hal ini terjadi karena produk asuransi pada umumnya akan dipasarkan melalui sebuah kantor agensi, maka Anda harus mendatangi sebuah perusahaan agensi asuransi yang ingin Anda pasarkan.

Bergabunglah di sebuah perusahaan agensi asuransi yang resmi dan memiliki kredibilitas yang baik di dalam layanan mereka. Pastikan Anda memilih sebuah perusahaan asuransi yang memang benar-benar Anda yakini memiliki pangsa pasar yang baik serta beragam produk yang menguntungkan nasabah. Hal ini akan mempermudah Anda melakukan penjualan produk tersebut, sehingga Anda bisa menjalankan tugas sebagai seorang agen asuransi dengan baik dan berpenghasilan baik pula.

2. Kuasai Produk dengan Baik


Saat akan menjual suatu produk, maka hal pertama yang akan kita lakukan adalah menggunakan produk tersebut dan mengetahui dengan jelas segala manfaat dan juga keuntungan yang akan didapatkan dari produk tersebut.

Pastikan Anda memiliki pengetahuan dan keyakinan yang sangat baik mengenai berbagai macam produk asuransi yang akan Anda pasarkan. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah melakukan pendekatan serta memberikan penjelasan yang detail mengenai manfaat dari masing-masing produk asuransi tersebut. Jangan menjual sebuah produk ketika Anda tidak yakin akan kualitas serta manfaat yang akan didapatkan oleh klien.

3. Miliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik


Seorang agen asuransi harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, karena hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan presentasi dan pendekatan kepada calon klien yang Anda temui. Bukan hanya pengetahuan mengenai produk saja, namun Anda juga perlu menguasai berbagai macam topik pembicaraan, terutama yang sedang banyak diperbincangkan di khalayak umum. Pada umumnya para calon pengguna asuransi adalah mereka yang bekerja dan aktif mengikuti berbagai berita. Untuk itu Anda harus mengerti dan bisa mengimbangi pembicaraan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni. Ketika Anda memiliki komunikasi yang baik, maka klien akan merasa nyaman dan mudah untuk mengambil keputusan mengenai produk yang Anda pasarkan.

4. Jadilah Pendengar yang Baik


Bukan hanya pembicaraan yang menarik saja yang bisa Anda berikan kepada klien, sesekali mereka ingin didengar juga. Berikan kesempatan berbicara pada klien Anda, jadilah pendengar yang baik dan ketahui dengan jelas produk apa yang mereka cari dan inginkan. Dengan begitu, maka komunikasi yang terjadi bisa berjalan dengan lancar dan Anda dengan mudah dapat menganalisa kebutuhan klien Anda.

Yakin pada Kemampuan Diri

Yakinlah pada kemampuan Anda menjual produk tersebut dan lakukan penjualan dengan mudah karena keyakinan yang Anda miliki itu. Tunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang agen asuransi yang profesional, berikan pelayanan yang baik dan tepat waktu sehingga klien merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik. Ketika rasa kepercayaan klien telah tumbuh, maka di situlah Anda dapat menuai kesuksesan.

Sumber:cermati.com

 

Syarat Administrasi Menjadi Agen Asuransi Allianz

Anda  sudah mengambil keputusan yg sangat tepat.

  • WNI Pria / Wanita umur minimal 19 tahun
  • Mahasiswa/i
  • Ibu / Bapak Rumah Tangga
  • Karyawan swasta/PNS
  • Profesional, Guru, Dosen, TNI, Polisi, Dokter dll

Cara dan syaratnya sangat mudah yaitu :

A.Persyaratan Administrasi :

  • Segera hubungi no HP / WA saya 081388996638 dengan senang hati sy akan membantu anda
  • Mengisi Form Aplikasi Agen dan Perjanjian Keagenan dengan melampirkan :
    • Foto kopi  KTP yg masih beraku 2 lembar
    • Pas Foto berwarna terbaru 3 x 4  (4 lembar)
    • Foto kopi NPWP (kalau ada)
    • Foto kopi buku tabungan yg masih aktif ( untuk transfer komisi penjualan Anda)
    • Biaya mengikuti Ujian Lisensi AAJI Konvensional dan Syariah sebesar 285.000,-.kalau konvensional saja Rp 225.000,-
  • Mengikuti Ujian Wajib dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) untuk memperoleh lisensi dan kode agen asuransi yg mutlak harus di miliki oleh agen asuransi yg legal dan profesional.
  • Punya kendaraan minimal motor dan HP untuk mengunjungi dan berkomunikasi dengan calon nasabah.

Atau Silahkan isi Formulir DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *